Pia Mangkuk Malang

Berbicara soal pia, biasanya bakpia pathuk yang berasal dari Kota Jogjakarta yang menjadi salah satu pilihan terbaik. Namun setelah ditelusuri, ternyata Pia Mangkuk yang sudah menjadi salah satu oleh-oleh khas Kota Malang ternyata juga cukup digemari dikalangan masyarakat. Pia Mangkuk ini bisa kita peroleh langsung di tokonya yang berlokasi di Jl. Semeru 25, Malang. Tidak terlalu sulit untuk mencari tokonya, karena letaknya tak jauh dari Stadion Gajayana, Malang.

Meskipun toko ini menyediakan berbagai jenis oleh-oleh khas Malang, namun pia mangkuk yang diproduksi sendiri oleh tokonya yang menjadi favorite para pengunjungnya. Bahkan tak jarang, mereka yang berasal dari luar kota sengaja singgah ke toko Pia Mangkuk untuk membeli pianya untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Biasanya toko oleh-oleh ini melayani para pengunjungnya mulai dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam setiap hari.

Berbeda dengan bakpia pathuk yang berasal dari Jogjakarta, pia mangkuk ini memiliki tekstur kulit yang cukup kering dan renyah, namun ketika digigit akan terasa lembut di bagian dalamnya. Sedangkan untuk variasi rasa yang tersedia cukup beraneka, ada rasa cokelat, kopi, durian, keju dan tangwe. Dan tentu saja tak ketinggalan pula rasa kacang hijau sebagai rasa paten/ original dari pia pada umumnya.

Karena dalam proses produksinya tidak menggunakan bahan pengawet, sehingga pia mangkuk hanya bisa bertahan dalam waktu 2 minggu saja. Namun tak usah khawatir kalau akan mendapat masa expired yang singkat, karena pia ini selalu diproduksi setiap hari, sehingga kita bisa mendapatkan pia yang masih fresh setiap harinya. Selain di Jl. Semeru 25, kita juga bisa mendapatkan pia mangkuk di beberapa cabang lainnya, ada yang di Villa Tidar Indah 5 dan Sensa, Randu Agung 9A, Singosari.

(Lila, November 2011)
Sumber foto : koleksi www.wisatakuliner.com

Produk

Pia

Photo Galleries